Minggu, 31 Januari 2016

Kumpulkan kami di JannahMu ya Allah

Mungkin Engkau ingin menjadikanku seorang wanita yang kuat
Menjadikan hamba seorang wanita tegar
Tapi sejujurnya hamba juga mempunyai rasa yang iri ya Allah
Disaat teman-teman hamba menghubungi orang tuanya, ada tempat keluh kesah, menyediakan makanan dan minuman hangat untuk anaknya
Hamba merindukan hal itu ya Allah
Hamba merasa sendiri
Engkau tahu ya Allah
Bagaimana posisi hamba saat ini
Hamba butuh semangat ya Allah
Banyak rintangan dan cobaan saat menghadapi tugas akhir ini
Hamba harus berkeluh kesah kepada siapa ya Allah
Kepada Engkau..
Ya kepada Engkau..
Siapa lagi selain Engkau ya Allah
Tapi kenapa ya Allah
Hamba masih punya rasa yang sangat sepi, sendiri
Kenapa ya Allah..
Engkau menggariskan banyak duka dalam hidup hamba
Engkau mengambil malaikat tanpa sayapMu untuk aku di dunia ini
Kasih sayang kedua orang tuaku
Kasih sayang bapak ibu


Kasih sayang bapak, hamba hanya merasakan satu tahun
Bapak sudah meninggalkanku sejak kecil
Entah umur berapa bapak meninggalkanku
Aku sungguh tidak ingat
Tidak mengingat punya kenangan apa saja dengan beliau
Hamba benar-benar tidak tahu
Dan tiba-tiba beliau kembali waktu aku SMP kelas 1
Hamba awalnya gak mau memanggil dia sebagai seorang bapak
Mengakui dia seorang bapak
Aku merasa bapak orang yang paling jahat sedunia


Ya Allah..
Hamba masih ingat bagaimana perjuangan ibuku untuk mencari uang menyekolahkan kedua anaknya
Menyekolahkan aku dan mbakku
Dan ibuku juga hanya seorang ibu rumah tangga tanpa pekerjaan tetap
Berbagai cara dia lakukan, menjadi pengasuh bayi, menjual nasi kuning, ikut orang jualan
Hamba tau dia itu sangat capek
Bahkan waktu sakit beliau masih tetap jualan hanya untuk menyekolahkan kedua anaknya
Bapak kemana??
Dia gak ada, dia gak nafkahin kita
Meninggalkan seorang istri dan kedua anaknya
Apalagi ibuku juga seorang wanita yang sering sakit
Sakit bagian kakinya, mukanya pernah lebam, hingga operasi usus buntu
Ya Allah berilah surga untuk Ibu hamba ini ya Allah


Beliau benar-benar wanita yang kuat
Dan dulu pernah ada kabar, bapak telah menikah dengan orang lain
Tapi ibuku masih tetap setia, dia tidak punya niat sekalipun untuk menikah dengan lelaki lain
Dan tanpa ada angin apa
Bapak pulang, bapak pulang dengan kondisi sakit
Tangannya kena mesin waktu di pabrik
Tapi ibuku masih mau menerima dia
Menyembuhkan dia, berbakti dengan dia
Ya Allah.. beri surga untuk Ibu hamba ini
Aku sempat marah dengan bapak
Tapi seakan bapak tahu, aku bakal seperti ini
Beliau tetap mendekati hamba
Beliau memberikan rasa sayang yang amat besar kepada hamba
Setahun.. menunjukkan rasa kasih sayangnya ke aku
Dan rumor bapak punya istri lagi itu tidak benar
Bapak hanyalah takut pulang karena belum bisa membawa uang untuk anak istrinya, mungkin juga tak bisa pulang karena belum ada uang untuk pulang
Maafkan aku bapak
Maafkan sikap aku yang sempat membuat sakit hatimu


SMP kelas 2 di semester 2, cobaan datang menyerang lagi.. bapak sakit
Bapak sakit parah.. sakit liver, hatinya sakit, perutnya sakit, komplikasi
Gara-gara ketika beliau di perantauan, beliau tidak memperhatikan kesehatannya
Bapak makan tidak teratur dan sembarangan
Dan akhirnya setelah sakit selama 2 bulan lamanya bapak dipanggil Allah
Ibu...ibuku lagi-lagi diberi cobaan yang besar
Ibu merawat bapak selama 2 bulan, dengan 1 bulan bapak tidak bisa apa-apa terbaring dirumah sakit, untuk buang air kecil dan besar pun bapak lakukan di tempat
Ya Allah...
Cobaan berat kepada ibu hamba.. berikan surga ke ibu ya Allah


Aku sungguh sangat mencintai kedua orang tuaku
Selepas bapak pergi, ibu lagi-lagi masih menyekolahkan aku dan mbakku
Menjadi single parent lagi menyekolahkan kami
Ibu selalu tegar di hadapan kami
Tapi suatu ketika aku pernah melihat ibu menangis di dalam sujudmu ya Allah
Di waktu malam, aku mendengar isak tangis dan aku hanya bisa diam saja
Cobaan datang lagi warisan untuk bapak dari simbah diambil oleh saudara bapak
Saudara bapak licik ya Allah, ia mengambil jatah bapak, jatah untuk keluarganya untuk hidup anak istri bapak
Ibu hanya bisa berdoa, dan tabah, saat saudara-saudara pada menjahatinya
Berikan surga untuk ibu hamba ya Allah


Dan masuk waktu SMA, entah kenapa hamba sering bermimpi ada kiamat, ada bencana alam dan membuat ibu terkena musibah itu dan aku tidak bisa menolongnya
Dan musibah itu benar-benar terjadi sewatu aku SMA kelas 3, saat aku akan menghadapi UN
Ibu sakit...
Ibu engkau beri sakit ya Allah
Sama seperti bapak, bahkan dia tidak bisa beranjak dari tempat tidurnya
Ya Allah....
Ya Allah...
Dia terbaring sakit
Tapi aku serasa jadi anak durhaka
Aku sering mengecewakan beliau sewaktu sakit
Sewaktu itu aku diajak teman untuk mengikuti tes tryout snmptn di UGM
Dan ternyata hari itu, mbak juga ada acara di trah keluarga suaminya
Mbakku sudah menikah
Mbakku menikah lebih cepat dari janjinya ke ibu karena kecelakaan
Lagi-lagi hati Ibu tersakiti lagi


Jadi waktu itu aku pergi mbak pergi
Ibu cuma dirumah sama simbah
Entah simbah kemana
Ibu berjalan keluar
Saat itu ibu sudah lumayan agak bisa berjalan
Dia terjatuh ya Allah
Dia terjatuh...
Ya Allah hamba benar2 anak yang durhaka
Tryout selesai jam 12
Tpi aku malah main mengikuti teman padahal ibu sedang sakit dirumah
Bisa-bisanya aku malah main
Dan ibu jatuh
Bahkan dia juga tidak meminum obatnya
Ya Allah anak macam apa hamba ini
Ampuni hamba ya Allah
Dulu juga aku pernah main pergi sama teman sampai malam, jam 8 malam
Hamba dimarahi ibu
Ibu kuatir dengan hamba
Tapi hamba malah marah-marah
Ya Allah
Ampuni hamba
Hamba menjadi anak yang paling durhaka

Sewaktu malam sebelum ibu meninggal
Ibu tengah malam memanggil-manggil kedua anaknya, budheku, mbahku, bulek, semua keluarga di panggil
Sewaktu itu simbah juga masuk rumah sakit, benar-benar cobaan menimpa keluarga kami
Semua dipanggil
Tapi hamba terlalu takut untuk mendekat
Hamba gak mau ngelihat ibu, malah tidur
Padahal hamba mendengar ibu memanggil
Cuma bulek yang ngelihat dan bilang ibu disuruh tidur dan jangan manggil-manggil karena sudah malam
Dan ibu akhirnya diam
Keesokan hari ibu sudah gak bisa berbicara ya Allah
Hamba merasa sangat bersalah
Itu panggilan terakhir ibu buat hamba
Suara ibu sudah berat
Sudah sangat berat bahkan ibu tidak bisa berbicara dan mulai mengorok
Hamba melihat ibu sakaratul maut
Hamba menyesal hamba takut
Hamba meminta maaf, menciumi kaki ibu, tapi ibu diam saja
Hamba tidak bisa apa2 lagi
Hamba merasa bodoh kenapa tidak bangun ketika dipanggil pada malam itu
Ya Allah
Hamba menyesal


Hari jumat sebelum jumatan pukul 12.00
Ibu menghembuskan nafas yang terakhir ya Allah
Hamba menjadi anaka yang sangat durhaka
Hamba menyesal, sangat menyesal ya Allah
Hamba anak yang bodoh
Ibu sudah pergi
Padahal Ibu selalu ada buat aku
Waktu aku sakit cacar beliau selalu ada
Bahkan ketika dia mulai membaik dari sakitnya juga langsung memasak buat aku
Waktu aku butuh kebutuhan sekolah, ibu selalu menyediakan
Waktu aku dapat mens yang pertama terus sakit
Ibu kebingungan
Dan dia rela jalan kaki ke bidan di desaku untuk mencarikan obat buat aku
Ya Allah..kenapa hamba tega sekali sebagai anak
Hamba anak durhaka
Sekarang beliau sudah tidak ada
Aku sangat merindukan beliau ya Allah
Rindu dimarahin, rindu dibangunkan untuk sholat subuh, rindu tidur bareng sama beliau
Bahkan aku belum sempat memiliki foto berdua dengan beliau lewat hpku
Hp kamera hamba, mana?? Mana?? Adakah foto dengan ibu?? Adanya foto hamba dengan teman-teman
Asstagfirullah ya Allah, hamba ini benar-benar anak yang sangat durhaka
Berikan surga untuk kedua orang tuaku,
Hamba sangat mencintai mereka
Ya Allah terkadang..
Kenapa harus hamba, apa memang hamba sekuat itu diberi cobaan yang bertubi-tubi dalam hidup hamba
Berikan surga untuk kedua orang tuaku ya Allah
Hamba mohon

Bapak Ibu kalianlah alasanku untuk menjadi anak yang lebih baik, agar doaku dapat dikabulkan oleh Allah, agar nama kalian dapat terangkat harum dengan adanya aku yang menjadi anak yang baik.
Aku hanya bisa berbakti lewat doa-doa dan sikapku ini. Aku akan tetap menjalani hidup dengan menjadi orang baik, agar .. agar Allah mau mengabulkan doaku, memasukkan engkau bapak ibuku sayang terhindar dari siksa api neraka, dan masuk ke dalam surgaNya
Ampuni anakmu ini bapak ibu

Semoga kelak kita dapat berkumpul lagi bapak, ibu, mbak di surga Allah

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates